Selasa

Jangan Berisik Malam-Malam



Sabtu malam sekitar pukul 22:00 tanggal 12 maret, tunggangan saya melintasi daerah pinggiran kota Bandung menuju kota Cimahi. Di perjalanan saya melihat kerumunan orang yang berjumlah cukup banyak, mereka berdiri di pinggir jalan dengan wajah penuh amarah. Mereka terdiri dari bapak-bapak, anak muda, termasuk juga di antara mereka saya lihat ada ibu-ibu yang hampir semuanya memegang senjata balok kayu, ada juga yang menggenggam batu di tangannya. Saya kaget, dalam pikiran saya mungkin ada tawuran atau apa. Alih-alih menghindari kerumunan, rasa penasaran menuntut saya untuk menepi di pinggir jalan, berhenti sekadar memenuhi rasa ingin tahu tentang apa sebenarnya yang sedang terjadi.



Saya melihat di depan saya ada bapak-bapak tua memakai cupluk hitam, memegang balok kayu. Saya coba menyapa dia, “malam pak, maaf ada apa ya pak?” Tanya saya penasaran, kendati lagi diselimuti amarah bapak tua itu membalas sapaan saya dengan ramah dan ia pun menceritakan permasalahan yang terjadi dengan logat sunda yang sangat kental. Katanya, sekitar pukul setengah sepuluh, lewat segerombolan pengendara sepeda motor ugal-ugalan dengan suara knalpot bising dan sangat mengganggu. Warga memperkirakan gerombolan tersebut akan melintas lagi di jalan itu, perkiraan warga tepat, setengah jam setelahnya atau sekitar pukul sepuluh, lewat lagi segerombolan pengendara motor yang ugal-ugalan itu. Namun kali ini berbeda, karna kehadiran mereka (baca: geng motor) telah ditunggu warga. Saat pengendara ugal-ugalan tersebut melintas, semua warga yang berdiri di sisi jalan melempari mereka dengan balok kayu, ada juga yang menggunakan batu. Walaupun mereka banyak yang terkena lemparan, namun mereka semua lolos dari sergapan warga. Susah untuk dibayangkan, entah apa yang akan dilakukan warga terhadap mereka, andai salah seorang di antara mereka tertangkap.

Di tengah perbincangan saya bersama si bapak tua bercupluk, lewat seorang pengendara motor yang saya yakin mungkin ia tidak tahu tentang apa yang sedang terjadi. Awalnya motor yang ia kendarai  melaju pelan, entah karena ingin terlihat keren di depan banyak orang atau apalah saya juga tidak tahu, ia mulai memainkan gas motornya yang terdengar sangat bising di antara kerumunan orang-orang. Kejadiannya tepat di depan saya, karena hanya berjarak sekitar lima meter dari tempat saya berdiri. Warga termasuk juga si bapak yang lagi berbincang dengan saya spontan tanpa komando melempari si pengendara motor yang songong itu sampai terjatuh dan setelah terjatuh pengendara motor tersebut langsung dihakimi warga secara massal, di dalam hati saya merasa kasihan melihatnya, tapi apakah mereka sang pengendara motor yang ugal-ugalan itu tahu, kalau suara bising motor miliknya benar-benar telah mengganggu ketentraman banyak orang.

Saya pribadi sangat memahami alasan dari kekesalan warga. Betapa tidak, apa yang dilakukan para pengendara motor yang ugal-ugalan itu benar-benar telah mengganggu kenyamanan, karena aksi mereka berlangsung tengah malam saat jam istirahat. Disaat sebagian besar warga sedang tidur, ditambah lagi aksi ugal-ugalan seperti itu berlangsung tidak sekali dua kali. Kata si bapak bercupluk yang saya ajak berbincang, aksi mereka malam itu sudah yang kesekian kalinya, sehingga menyulut amarah warga untuk memperingati mereka. 

Bukan hanya dari kejadian yang saya saksikan langsung pada malam itu saja, tetapi dari info yang saya dapat, di daerah lain aksi geng motor seperti itu sering dibarengi aksi anarkis dan perusakan-perusakan dengan tujuan yang tidak jelas. Sudah bising, ditambah lagi dengan aksi anarkis, jelas sekali tindakan seperti itu tidak bisa dibiarkan dan aparat keamanan juga harus bertanggungjawab untuk meningkatkan pengawasannya terhadap aksi-aksi negative seperti itu, demi kepentingan dan kenyamanan bersama. 

Kejadian di atas tentunya pelajaran bagi kita semua. Ingatkan keluarga dan saudara kita yang sering ugal-ugalan di jalan dengan suara knalpot motor yang bising akan bahaya yang mengancamnya, agar tidak ada lagi aksi dan korban berikutnya. 

Pahami, terkadang apa yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut orang lain dan kita harus menghargai itu. Terkadang apa yang menurut kita sangat menyenangkan, tetapi mengganggu kenyamanan orang banyak dan kita harus menyadari itu. Pertimbangkan segala sesuatu sebelum melakukan, karena baik atau buruk, konsekuensinya akan kembali kepada diri kita sendiri.  


35 komentar:

  1. setuju sekali kang!
    btw, rumah saya di cimahi, mah ini lokasi kejadian tepatnya dimana?? :D

    BalasHapus
  2. @pencari jejak: Nama daerahnya saya tidak begitu afal Sobat, di sekitar jalan alternatif antara cijerah-melong menuju cibereum...

    BalasHapus
  3. "Stop Geng motor, kami anti geng motor" lagi musim spanduk yang tulisannya begitu tuh di daerahku.

    para geng motor itu hanya mementingkan kesenangannya sendiri tanpa memikirkan orang lain dan keselamatan jiwanya :)

    BalasHapus
  4. Iya betul,,,,aku juga setuju banget dengan TM,,,
    "Berfikir sebelum berbuat,,,"

    BalasHapus
  5. Mr, tapi salah juga kan kalo main hakim sendiri? harusnya laporan ama RT setempat supaya dirembukkan bagaimana solusi terbaiknya agar si remaja2 urakan tadi kapok...

    BalasHapus
  6. trus nasib satu orang yang dihakimi massal itu gmn TM? serem juga deh ngebayanginnya, emang salah banget tuh para anggota genk motor,mereka jelas-jelas udah mengganggu kenyaman warga, tapi ga bener juga donk kalo warganya itu main hakim sendiri, pastinya ada cara lain untuk melarang genk motor untuk TIDAK "main" disitu.

    BalasHapus
  7. @Mba Celotehan.... Betul Mba, yg pasti apa yg mereka lakukan hanya demi kepentingannya , tanpa memikirkan dampak dr perbuatan mereka yg mengusik ketenangan banyak orang...


    @Mba Taria... Makasih....


    @Mba Ajeng.... Saya setuju sama pendapat Mba Ajeng, tp dari kbr yg saya dengar, mereka2 tdk d ketahui asal usulnya, gmn mw menghusut coba, bahkan aparat kepolisian sendiri kesulitan untuk melacak data2 mereka....


    @ Stop dreaming... Nangis........?


    @Kak Nadia.... Saya setuju kak, karna yg namanya maen hakim sendiri tdk dapet d benarkan. K-lo menurut saya semua itu bs jd efek dr kekecewaan warga terhadap aparat terkait, yg tdk bs menertibkannya....


    Berselang 15 menit dr kejadian, saya lihat ad mobil patroli polisi yg datang, setelah itu saya jg bergegas untuk melanjutkan perjalanan.....

    BalasHapus
  8. Wahhhh potonya dede' nya cantik deh jo.... :D

    Yanti tau ajo langsung cabutkan dari lokasi kejadian.... hihihihi :d

    BalasHapus
  9. seandainya saja di antara kita saling bertoleransi dan tenggang rasa dengan sesama, tentu kejadian seperti itu tidak perlu terjadi ya...

    BalasHapus
  10. memang suka gitu ya, ada sekumpulan orang yg suka ngebut liar di malam2 buta.
    bahkan pernah saya punya kenalan yg tergabung dalam kelompok seperti itu.

    btw, boleh saya minta kontek?
    hehehe~~ pengen banyak belajar soal kamera sama orang yg lebih senior, barangkali bisa hunting bareng sekalian >_<

    BalasHapus
  11. seakan2 hanya mereka saja yang punya motor.. ckckck.. -.-"

    BalasHapus
  12. @Yhantee :P Jiheheeee.....Iya, kan pak polisinya sudah datang ngamanin....


    @Mas Joe... Betul Mas, itulah salah satu titik lemah orang2 kita, yg terkadang cenderung menyepelekan segala sesuatu...


    @Mba Clara... O ya, tmn2nya d ingatin ga Mba clara...?

    Boleh2, siap,,,jihehehee... tp bagi kontek2nya via apa ya enaknya...?


    @Mba Diah... Iya ya, padahal banyak jg orang lain yg punya motor ya Mba...jeihehehehee....

    BalasHapus
  13. jangan kan naek motor ugal2an..dikomplek saya suka ada yg nongkrong malem2 trs ketawa2 kenceng nyanyi2 ga jelas..yg ky gt aja bikin kesel, kan kasian org yang mau istirahat terganggu..heuuh..

    iyah c, shrsnya laporin ke petugas jangan main hakin sendiri, smg hal ini bisa jadi pelajaran :)

    BalasHapus
  14. Memang menjengkelkan apabila mengalami kejadian semacam itu#mudah-mudahan jiwa toleransi bisa terpupuk agar tidak ada yang dirugikan lagi

    BalasHapus
  15. Keterlaluan tuh yg ngebut malam2. Tapi serem juga ada yang bawa2 pentungan, apalagi kalo sedang dibakar amarah. Jangan sampai anak kecil ikut-ikutan lihat, takutnya kalo udah gede pada niru.
    Ijin follow, follow kita juga ya, makasih.

    BalasHapus
  16. mereka baru pada punya motor kali yaa ..
    :D

    BalasHapus
  17. di deket kontrakanku juga kalo malam kadang2 ada yg balapan dg knalpot berisik juga...

    BalasHapus
  18. wuiihhh..!! makin wise aja dede' TM.
    :D :D

    Kalu ane ade disane, pasti ngikut ngelemparin pake batu. Biar tau rasa tu orang.

    BalasHapus
  19. Gank motor yachh...masa sech ngga bisa dibasmi??? emang mrk ngga bisa ditangkap yach? kayaknya udah banyak yg jadi korban tp kenapa msh dibiarkan para gank motor berkeliaran....

    BalasHapus
  20. @Mba devi... Benar sech, kesel jg, kadang lg enak2an tidur, biar pagi2 bangun ga kesiangan, lah malah ad yg brisik, tentunya ga nyaman banget....


    @Mba Nina... Harapan kita semua.....Amieen....


    @ Pat n Mom... Iya, biar bagai manapun aksi anarkis tak dapat d benarkan n jg tak patut untuk d contoh...

    Bknnya pat n Mom sudah terkoneksi sebelumnya...lupa ya.....?

    Tp sekrang beda kyknya, Pat n Mom sudah ad foto PPnya...jiehheheee...


    @Mba Rezkaocta.... Iya kali ya, pengen pamer motor baru...jieheheee....


    @Mba Riesta.....Kesel jg Mba ya, kadang kita lg pengen tenang, istirahat, malah d gangguin sama suara2 motor yg brisik ga karuan.....


    @Kak Dewi.... :)

    Lah, untung ajja ga ad kak Dewi mlm ithu, kalau ada bakalan hancur dunia persilatan....jihahahahahaaa........


    @Mba Nia... Nampaknya aparat agak kesulitan melacak data2 mereka, buktinya sampai sekarang aksi seperti ithu masih tetap terjadi d berbagai daerah...

    BalasHapus
  21. emang ngeselin bgt deh tu geng motor. dulu saya pernah tinggal di buah batu. pas malam2 jam 11 (saya br balik dari kampus), para geng motor itu baru mulai mau jalan2..

    temen saya pernah tuh ada segerombolan geng motor, bawa pedang gitu. jadi mereka nyabet orang2 di kiri kanan mereka. untung ada polisi waktu itu. ckckckck

    BalasHapus
  22. kasian ya sampe digebukin warga gitu..
    tapi memang mengganggu sih kalo ugal2an, trus mlintir2 gas..
    apalagi malam.. orang lain butuh istirahat setelah seharian kerja

    BalasHapus
  23. @Mba Meutia... Ooo, pernah tinggal d buah batu ya Mba tia....

    Waaaw,,, mengerikan.....



    @Mas Geafry... Iya betul Mas, harusnya mereka tw apa yg mereka lakukan itu bnr2 telah meresahkan banyak orang....

    BalasHapus
  24. boro2 geng motor yang suaranya bikin gendang telinga mau meledak.... gw aja udah sebel banget ma anak2 kampung yang tiap malem kerjanya nongkrong bikin brisik diwarung depan rumah saya... semoga Tuhan menyadarkan mereka....

    BalasHapus
  25. @Mba Aina... Jihehehehee....Amieeen....

    BalasHapus
  26. hummm..hummm..
    geng motor emang nyebelin kalo berisik gitu
    btw yg dihakimi massa tuh anggotanya geng motor bukan ya?kasihan deh kalo bukan...

    BalasHapus
  27. Justru itu Mba Yen, kykx sech bkn anggotanya, tp perilaku dia berkendara menyerupai, jd dech kena apesnya....

    BalasHapus
  28. setuju bgt sob, jika kita ingin dihargai oleh org lain, cobalah utk bs menghargai org lain terlebih dahulu...

    kalo mlm kan wktunya utk tidur...hargailah wkt utk istirahat itu

    BalasHapus
  29. Iya ne, belakangan d bandung lg rame2nya komplotan seperti ithu...

    Besar harapan, Mudah2an aparat terkait bs cepet menertibkan mereka...

    BalasHapus
  30. Fahami, terkadang apa yang menurut kita baik belum tentu baik menurut orang lain dan kita harus menghargai itu, terkadang apa yang menurut kita sangat menyenangkan, tetapi mengganggu kenyamanan orang banyak dan kita harus menyadari itu. Pertimbangkan segala sesuatu sebelum melakukan, karena baik atau buruk konsekuensinya akan kembali kepada diri kita sendiri.

    sya suka quote terakhirnya. pesannya nyampe.. :D

    BalasHapus
  31. @Mba Asriani... Terima kasih :)

    BalasHapus
  32. wah, horor jugah T___T

    jadi inget kenangan buruk akibat persija jakarta itu T_T

    p.s. sudah baca tulisan baru ku di main kata? ^_^ salam malam yah sobat

    BalasHapus
  33. @Mba Wied... Iya ya, serem jdnya k-lo udah rusuh n main hakim sperti ithu...


    Sipz...langsung k TKP sekarang....jiheheheee....

    BalasHapus
  34. Perlu dikamapnyekan sebagai gerakan nasional memberantas begundal jalanan di tengah-tengahnya malasnya kepolisian.

    BalasHapus